Kamis, 27 Mei 2010

Igor Sikrorsky - Helikopter Pertama yang Bisa Terbang

Pada 25 Mei 1889, Igor Sikorsky, pencipta helikopter pertama, terlahir ke dunia. Ia dilahirkan di kota Kiev, Rusia/Uni Soviet (sekarang Ukraina). Semenjak kecil Igor telah belajar sains modern dari ibunya, seorang dokter. Ayahnya adalah profesor di bidang psikologi.
Saat itu, Rusia (Uni Soviet) dalam keadaan kacau karena trjadi revolusi. Akibatnya Sikorsky pindah ke Amerika Serikat pada 1919. Ia mendirikan Sikorsky Aero Engineering Corporation, sebuah perusahaan pembuat helikopter. Melalui perusahaan itu ia merintis karier sebagai desainer pesawat udara. Sejak tahun 1925 hingga 1940, Sikorsky mendesain berbagai jenis pesawat yang mencatat rekor di bidang kecepatan dan jarak tempuh. Di samping mendesain pesawat, Sikorsky terus mempelajari teknik pembuatan helikopter sampai akhirnya ia berhasil membuat helikopter yang benar-benar bisa terbang pada 14 Septermber 1939.
Pada 1909, saat masih tinggal di Rusia, dia gagal bereksperimen menciptakan pesawat model sayap berputar. Rupanya, model pesawat semacam itu tak bisa terbang karena kekurangan tenaga. Sikorsky tak putus asa. Pada 14 September 1939, ia menyelesaikan pembuatan helikopter pertama, yang diberi nama VS-300, sebuah helikopter dengan baling-baling tunggal. Helikopter ini dipakai secara luas oleh militer Amerika Serikat dan digunakan di lebih dari 50 negara.
Sebenarnya, Sikorsky bukan pencipta helikopter yang pertama. Helikopter pertama diciptakan Paul Cornu 1907. Namun, helikopter itu tidak bisa terbang. Pada tahun 1924, ilmuwan Perancis lainnya, Erienne Oechmichen berhasil membuat helikopter dan bisa terbang dengan ketinggian 1 km.
Igor Sikorsky ditetapkan sebagai penemu helikopter meskipun dia bukan pencipta helikopter meskipun dia bukan pencipta helikopter yang pertama. Sebab, helikopter ciptaannya yang bisa terbang dan digunakan secara aman. Selain itu, desain helikopter modern juga mengacu pada desain Igor Sikorsky. Atas jasanya, Sikorsky menerima medali nasional bidang ilmu pengerahuan dan tropi peringatan Wright Brother.

(Dikutip dari harian Suara Merdeka Junior Edisi 277 Tahun ke-6 Minggu, 31 Juli 2005)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dilarang keras memberi komentar yang berbau SARA dan hal Porno.