Sabtu, 25 Desember 2010

Gitarku

Cokelat tubuhmu
Kuning sabukmu
Merahnya setan yang ada padamu
Semakin membuat semangat
Hijaunya tulisan Solo
Menentramkan mata dan hati

Memang kemarin kau sempat patah
Tapi kini kau telah sembuh
Berubah dan kini kau punya karakter
Karakter seni akustik
Apabila seseorang memainkanmu
Hatimu nampak semakin bersinar
Hatimu yang semerah setan

Kini giliranku
Aku ingin mempelajari senimu
Agar aku dan kamu bisa lebih menyatu
Ku ingin kau temaniku
Di kala ku butuhkanmu
Tuk nyanyikan lagu kesukaanku

Makna Lagu Sederhana

Tahukah kamu?
Musik yang sedang ia mainkan
Lembut penuh makna
Kuat hingga membuat orang menangis
Harmoninya menentramkan jiwa
Itu sebuah lagu melankolis
Dengan alat musik sederhana
Engkau mampu memainkannya
Dengan gitar lah...
Barangkali engkau pandai memetiknya
Kau dudukk dan pejamkan mata
Mulailah memetiknya dengan jari lentikmu
Manfaatkan pita suaramu
Nampaknya kau punya bakat
Padukan!
Dan mulai menghayati
Setiap lirik dari lagu sederhana
Mungkin kau akan menangis
Setelah itu kau akan mengerti
Mengapa bisa begitu?

Bukan Pepatah

Siapa dia?
Tulisannya, perkataannya, karyanya
Yang sekarang
Dari hati atau asal omong
Didengar, diketahui, dikenal
Bukan, bukan dia
Dia bukan pepatah
Entah siapa pepatah
Entah siapa dia yang sekarang
Sastrawankah? Filsufkah? Atau bahkan pembual?
Pembual omongan yang diterima orang
Benar atau salah itu tak perlu
Asalkan indah saja
Memang beda, dia bukan seperti pepatah
Dan bukan pepatah
Yang benar dan jujur
Bukan pepatah
Dia bukan pepatah

Rabu, 22 Desember 2010

Tulisan di Hari Ibu


Untuk ibuku tercinta dan juga untuk para ibu di seluruh dunia. Hari ini adalah hari ibu. Hari di mana orang-orang mengucapkan rasa terima kasihnya kepada kalian, hari di mana para anak menyadari kesalahan yang pernah mereka lakukan kepada kalian, dan juga hari di mana derajat kalian seakan dinaikkan dan dimuliakan oleh seluruh warga dunia dengan  berbagai cara guna membalas rasa kasih sayang dan segalanya atas apa yang telah kalian berikan. Dan bahkan Tuhan pun pasti akan memuliakan kalian.
Tapi entah bagaimana tanggapan kalian dengan hal itu. Tak perlu dibahas, tentunya secara lahiriyah kalian pasti akan senang jika diperlakukan seperti itu.
Tapi kalian tetaplah manusia yang punya sifat kemanusiaan pada umumnya, bukan Tuhan. Jika dalam hati kalian berkata sesuatu, “Mengapa tidak setiap hari kalian (anak) melakukan hal seperti ini. Padahal dulu kasih sayang, perhatian, dan pengorbanan yang ku berikan kepada kalian itu setiap saat tak pernah berkurang.” Itu memang wajar dan bahkan mungkin harus kalian katakan. Tapi memang kalian tetaplah kalian, seorang manusia dengan kerendahan hati, kelapangan dada, kasih sayang, dan pelita bagi putra-putrimu. Tak ingin meminta balasan apapun dari yang telah kalian berikan.
Jika Tuhan mengizinkan sekali ini saja kepada kalian untuk sombong, kalian patut untuk sombong. Katakan kepada putra-putri kalian atau bahkan kepada dunia bahwa kalianlah orang yang berjasa besar, rela bertaruh nyawa demi terlahirnya putra-putri yang sekarang ini yang seperti ini. Dan silakan mintalah balasan apapun sesuka hati kalian. Tetapi kalian tidak demikian.
Pasti hari ini kalian hanya berdoa memohon kepada Tuhan semoga putra-putri kalian menjadi mulia dan bermanfaat bagi sesaama, agama, dan bangsa. Pasti itu yang kalian lakukan hari ini.
Dan kami hanya bisa mengucapkan, “Maaf Bu, maafkan kami atas semua kesalahan yang pernah kami lakukan kepadamu dan yang pernah menyakiti hatimu.” Hanya itu, betapa tak punya rasa malu kami ini. Namun memang hanya itu yang menjadi rutinitas kita di hari ibu. Jika kalian bisa melakukan lebih dari itu lakukanlah. Lakukanlah hal yang bisa membuat ibu kalian bahagia, bangga, dan menangis haru pada hari ini, bahkan kalau kalian bisa lakukanlah setiap hari dan setiap waktu.
Bagaimanapun caranya lakukanlah hal yang bisa membuat ibu kalian bahagia minimal pada hari ini. Meskipun hanya dengan sebuah lagu yang amat sederhana.

Kasih ibu kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi
Tak harap kembali
Bagai Sang Surya menyinari dunia

Ku persembahkan tulisan ini untuk Ibuku, Mak Dhe, dan seluruh keluargaku yang jauh di sana. Dan juga para Ibu diseluruh dunia.

Jumat, 03 Desember 2010

Demo Pertama Kali

Pada tanggal 8 Nopember 2010 aku diajak temanku, M. Aji Najmuddin, mengikuti demonstrasi penolakan pencalonan mantan Presiden Soeharto sebagai pahlawan nasional. Demonstrasi itu berlangsung di Gladag depan gerbang alun-alun Keraton Kasunanan Surakarta.
Kebetulan waktu itu tidak ada jam kuliah karena dosenku sedang pergi haji, sehingga aku mau ketika diajak olehnya sekalian aku mau langsung ke Pasar Cenderamata membantu saudaraku dagang.
Demonstrasi itu diikuti oleh simpatisan dari PMKRI, PMII Surakarta, para mantan veteran PKI, dan lain-lain. Memang jumlahnya tidak terlalu banyak namun cukup mengundang perhatian pengguna Jalan Slamet Riyadi. Kegiatan yang dilakukan di situ adalah penggalangan tanda tangan sebagai tanda penolakan pencalonan mantan Presiden Soeharto sebagai pahlwan nasional.
Orasi dari masing-masing perwakilan kelompok atau pribadi secara bergantian menyerukan keluhan mereka terhadap apa yang dilakukan Soeharto pada masa ketika menjadi Presiden RI yang ke-dua. Dari veteran PKI juga ada yang ikut berorasi karena merasa diperlakukan secara tidak adil dan kejam oleh Soeharto.
Mulanya aku yang berada di tepi jalan karena mengingat cuaca sangat panas, namun kemudian aku disodorkan bendera PMII oleh seorang anggota PMII dan memintaku untuk turun meramaikan demo tersebut. Aku pun ikut serta menandatangani di atas kain putih panjang dan ikut gerombolan para demonstran sambil mengibar-ngibarkan bendera PMII yang aku pegang.
Pengalaman demo yang pertama itu tidak akan ku lupakan walaupun tak ada peran yang berarti namun itu bisa menambah pengetahuan dan ilmu bagiku serta memicu semangat nasionalismeku sebagai seorang mahasiswa untuk menyuarakan keluhan terhadap bangsa ini.

Rabu, 01 Desember 2010

Menentang Kebijakan Bupati Wonogiri

Pada tanggal 26 Nopember 2010 yang lalu tepatnya pada pukul 20.00 WIB di Wisma Seni, Taman Budaya Jawa Tengah. Diadakan kumpul-kumpul antara budayawan Kota Solo dan para warga yang berminat, termasuk mahasiswa. Pada kesempatan itu hadir pula Gusti Pangeran Benowo dan juga dhalang kondang Ki Manteb Sudharsono.
Dalam pertemuan itu membahas dua permasalahan. Yang pertama tentang "Revolusi Budaya Kota Solo" yang diwacanakan oleh walikota, Djoko Widodo. Dan yang kedua yakni tentang "Rencana Penghapusan Ritual-ritual Adat Jawa (seperti: Larung Saji, Sedekah Bumi, dan lain sebagainya) oleh Bupati Wonogiri yang baru dilantik, Pak Danar.
Dari kedua permasalahan tersebut yang paling disorot tentunya masalah yang kedua. Karena jelas menyangkut adat Jawa.
Berdasarkan informasi dari salah satu wartawan yang ikut hadir dalam acara pada malam hari itu mengatakan bahwa siang hari sebelumnya dia ke Wonogiri dan dia mengatakan bahwa situasi di Wonogiri sekarang ini mencekam, bahkan dia juga mengatakan bahwa warga Wonogiri sudah siap tempur apapun yang terjadi.
Pada tahun-tahun sebelumnya jika ingin mengadakan acara seperti sedekah bumi mereka tinggal meminta dana dari pemerintah namun sekarang mereka tak berani memberitakan secara luas jika ingin mengadakan acara semacam itu. Kini mereka secara swadaya membuat dan mengajukan proposal pengadaan kegiatan dan meminta dana kepada warga yang dinilai cukup mampu secara ekonomi.
"Ojo seru-seru Mas nek arep ngomong masalah sedekah bumi, saiki ning kene siutasine wis angel. Pemerintah wis mulai nglarang anane acara koyo kwi." Jawab warga berdasarkan info dari wartawan itu yang menanyakan masalah sedekah bumi kepada warga Wonogiri.
Bupati Wonogiri yang didukung dari parta PPP, Gerindra, dan PAN ini diduga terlibat kontrak politik dengan partai yang membawanya yang mungkin membumbui ajaran 'Islam fundamentalis' kepada Bupati sehingga dimasukkan ke dalam program kerja pemerintahan Kabupaten Wonogiri. Islam yang keras yang melarang segala macam bentuk kegiatan yang mengarah kepada kesyirikan. Padahal masalah syirik itu tergantung pada niat orang yang melakukannya.
Menurut pernyataan salah seorang budayawan yang hadir bahwa Danar (Bupati terpilih Wonogiri) itu suka perdukunan tapi mengapa sekarang dia malah mengharamkan hal itu, ini berarti mengindikasikan bahwa dia benar-benar menjalankan kontrak politik dari partai penyokongnya.
Ki Anom Suroto juga ikut berpendapat, "Budaya dan Agama itu lebih dulu budaya. Keduanya berjalan berdampingan tapi tak dapat dipisahkan karena keduanya sangat berkaitan." Beliau mengutarakan pendapatnya dari perspektif profesinya sebagai seorang budayawan dan dhalang. "Bumi itu tempat kita berpijak, tempat buang hajat, tempat mencari nafkah untuk hidup, masa kita mau menyedakahinya sebagai rasa syukur kepada Allah kok dilarang, diharamkan. Memang agama mengajarkan demikian." Ujar beliau. Intinya beliau menolak dan menentang kebijakan Bupati tersebut.
Wacana tersebut awalnya mencuat ketika dalam suatu surat kabar tertulis bahwa Bupati Wonogiri mengharamkan Larung Saji, Sedekah Bumi, dan ritual adat Jawa lainnya. Dari situ akhirnya para budayawan Kota Solo bergerak dan bermaksud untuk mengadakan audiensi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Selasa, 30 November 2010

Ingat Waktu, Sadar Tempat, Sadar Penghuni

Jika Anda adalah orang yang aktif dalam organisasi hendaknya sadar dengan lingkungan di manapun Anda berada. Jangan sampai hal yang baik (organisasi) menjadi buruk karena ketidak sadaran dari para pelaku organisasi.
Misalnya jika Anda menggunakan suatu tempat untuk berdiskusi yang mana tempat itu adalah tempat yang juga ditinggali oleh selain dari anggota organisasi tersebut Anda harus sadar waktu, sadar tempat, dan sadar-sadar yang lain. Jangan sampai mengganggu warga tempat tersebut. Mungkin Anda tidak tahu apakah warga di tempat tersebut menerima kedatangan Anda atau tidak. Oleh karena itu alangkah baiknya jika Anda menggunakan tempat lain yang di situ tidak mengganggu siapapun.
Diamnya orang bukan berarti dia tidak ingin tahu apa yang Anda bicarakan tetapi bisa juga orang tersebut marah atau tidak suka dengan apa yang Anda bicarakan. Hati orang tak ada yang tahu kecuali Tuhan dan orang itu sendiri.

Minggu, 07 November 2010

Bukannya Subhanallah Tetapi Malah Astaghfirullah

Ini cerita ketika aku dan Nanang Shalat berjamaah Ashar. Waktu itu aku yang jadi imam. Tapi dasarnya saya ini pelupa jadi ketika setelah sujud di rakaat ketiga, e...bukannya berdiri ke rakaat keempat malah aku langsung tahiyat akhir. Di sini ada yang lucu, ketika aku mulai duduk tahiyat akhir aku mendengar Nanang ngomong:
Nanang: "Astaghfirullah...astaghfirullah."
Dalam hati aku bingung, ini kok Nanang ngucap Astaghfirullah dalam bacaan Shalat, emang ada? Atau barangkali dia susah duduk karena kakinya sedang sakit jadi dia merasa kesakitan sehingga spontan ngucap Astaghfirullah.
Tapi aku tak sadar dan tetap melanjutkan tahiyat akhir hingga salam. Setelah salam selesai Nanang berdiri sambil menepuk bahuku,
Nanang: "Dip, kurang siji. Temenan."
Aku: "Opo yo, lha terus pye?"
Nanang: "Yo tambahi sak rakaat, ben pas."
Aku: "Ngarangmu, lha kowe kok mau ra muni Subhanallah?"
Nanang: "Aku muni og...."
Aku: "Udu... Kowe mau muni Astaghfirullah."
Nanang: "Iyo deng... Hahahahahaha... Lha terus pye?"
Aku: "Ben mantep baleni dek pertama maneh."
Mas Dalhar yang nggak ikut jamaah pun akhirnya turun tangan.
Dalhar: "Ho... Doso lho."
Dan kami pun akhirnya memutuskan untuk mengulangi Shalat Ashar.
Aku: "Ayo Nang."
Dan di Shalat Ashar yang kedua ini akhirnya kami berhasil sampai salam akhir tanpa ada yang lupa lagi.
Alhamdulillah.

Sendok VS Sendok

Suatu hari sepulang kuliah cuaca terasa sangat panas dan perut terasa lapar, aku pun tak sanggup menahan harumnya aroma makanan yang berasal dari sebuah rumah makan kecil di sekitar boarding house mahasiswa UNS. Akhirnya aku putuskan untuk masuk ke RM tersebut, kebetulan di tas masih ada sisa uang.
Mas: "Monggo Mas... (sambil senyum)"
Aku: "Hmmm... (membalas senyuman).
Sambil lihat daftar menu dan harga. Dan harga yang paling cocok adalah nasi telur.
Aku: "Mas, nasi telur kaliyan es teh."
Mas: "O...nggih. Sekedap Mas."
Aku pun duduk sambil menunggu pesananku datang. Ku pandangi gorengan yang tertata rapi di atas piring seakan-akan memintaku untuk mengambil salah tiga dari mereka. Tak beberapa lama, pesanan pun datang.
Mas: " Niki Mas, monggo..."
Sepiring nasi tanpa sendok dan garpu serta segelas es teh telah berada di hadapanku. Tanpa pikir panjang dan secara tak sadar aku langsung mengambil sendok dan 'garpu (menurut perasaanku)' dan langsung menyantap makanan tersebut.
Dengan lahap aku menyantap makanan tersebut sambil sesekali menyeruput es teh yang terasa sangat segar karena cuaca di luar sangat panas. Hingga makanan itu hampir habis aku belum juga sadar keadaan makanku itu seperti apa.
Setelah makanan itu habis dan aku akan menyilangkan sendok dan 'garpu (menurut perasaanku)' aku baru sadar dan melihat secara nyata bahwa yang ku gunakan untuk makan tadi itu ternyata bukan sendok dan garpu, melainkan sendok dan sendok. Tapi mengapa dari tadi saat tangan kiriku menusuk telur dan tangan kananku mengiris telur aku sama sekali tak merasa dan seakan tak melihat bahwa itu SENDOK VS SENDOK. Saat itu juga aku tersenyum sendiri sambil tengak-tengok kanan kiri apakah ada orang yang melihat makanku tadi. "Semoga saja tak ada orang yang melihat makanku tadi."
Tugas selanjutnya yaitu bagaimana caranya agar mas pelayan tadi nggak ngelihat di piringku ini tersilang dua sendok. Akhirnya ide bodoh pun keluar dari pikiranku yaitu aku putuskan untuk mengambil garpu dan menyilangkannya dengan salah satu sendok. Dan sendok yang lain secara diam-diam dan terskenario ku jatuhkan dan kemudian ku ambil dan ku letakkan di samping piring tersebut.
Karena lapar atau capek atau ngantuk atau gimana aku tak tahu pasti penyebabnya mengapa aku mengambil SENDOK VS SENDOK, bukan SENDOK VS GARPU. Yang pasti rasa maluku atas hal itu tak diketahui oleh orang sekitar yang makan dan mas pelayan. Pokoknya asal kenyang saja.

Kamis, 02 September 2010

Dunia Baru

Sekarang ini aku sudah mulai hidup di dunia baruku yaitu dunia perkuliahan. Universitas Sebelas Maret Surakarta menjadi almamaterku sekarang ini. Setelah kemarin menjalani kegiatan OSMARU selama tiga hari yang sangat melelahkan namun ada yang menyenangkan juga karena beberapa teman dan pengalaman baru ku dapat dari kegiatan OSMARU tersebut.
Dunia baruku ini adalah dunia yang sebenarnya dan bahkan mutlak menjadi keinginan banyak teman setelah lulus dari SMA. Jadi aku harap aku dapat bertanggung jawab atas semua yang telah ku lakukan dan aku dapat mengemban amanat orang tua untuk menjadi pribadi yang berilmu dan berwawasan serta menjadi manusia yang berguna bagi sesama dan lingkungannya.
"Khoirunnaas anfa'uhum linnaas."

Minggu, 22 Agustus 2010

Mataku

Mataku ini sejak aku mulai masuk SMA sudah mulai nggak beres, pandanganku sudah mulai ngawur. Ketika pelajaran di kelas aku kadang tak jelas melihat tulisan yang ada di papan tulis. Karena aku mulai merasakan hal tersebut aku mulai mikir apakah aku mau pakai kacamata aja ya? Tapi setelah ku pikir-pikir kayaknya nggak usah dulu deh, ini belum begitu parah. Tapi semakin lama mataku tambah parah. Sehingga aku mengambil keputusan untuk periksa ke dokter.
Tepatnya di kelas XII aku memberanikan diri untuk memeriksakan mataku ini ke dokter di RSUD Kraton Pekalongan ditemani temanku. Ketika sudah giliranku untuk masuk ke ruangan dokter aku mulai was-was.
Dokter menanyakan kepadaku beberapa pertanyaan umum seputar mataku, kemudian aku disuruh untuk memakai lensa untuk mengetes seberapa minuskah mataku ini. Aku disuruh untuk melihat ke dinding yang di sana tertempel tulisan berupa huruf dan angka.
Ketika ditanya oleh dokter apa yang ada di dinding tersebut, aku berhasil menjawab dengan benar. Akhirnya dokter memvonis bahwa diriku ini normal tak ada kelainan yang terjadi pada mataku. Sambil sedikit nyentak dokter tersebut menyuruhku hanya untuk menebus obat di apotek. Setelah di luar aku yang sudah ditunggu temanku akhirnya segera pulang dan anjuran dokter untuk menebus obat di apotekpun ku hiraukan saja. Masa katanya normal tapi disuruh nebus obat apaan tu.

Selasa, 10 Agustus 2010

Mohon Maaf

Saya mohon maaf kepada situs lintas berita karena dulu saya pikir saya tidak bisa log out dari situs tersebut, ternyata sekarang saya sudah bisa. Mungkin dulu itu terjadi kesalahan pada komputer yang saya gunakan sehingga ada sedikit masalah. Sekali lagi saya mohon maaf.

Community Shield Jadi Pembuktian Awal bagi Setan Merah

video
Pekan ini adalah pekan yang cukup menggembirakan bagi Manchester United dan para fansnya. Pasalnya mereka berhasil memenangkan ajang Community Shield melawan rivalnya yaitu Chelsea.
Di pertandingan ini juga membuat nama Javier "Chicarito" Hernandez semakin melambung dan sekarang menjadi idola para Manchunian (sebutan fans MU). Di laga ini Chica - sebutan akrab Hernandez - mencetak satu gol dari tiga gol yang dua gol lain dicetak oleh Valiencia dan Berbatov. Dia bermain setelah menggantikan Wayne Rooney yang sampai sekarang belum menampilkan permainan terbaiknya. Dan sekarang Chicarito disebut-sebut sebagai The New Solksjaer. Tak salah pilihan Sir Alex membidiknya, karena dia memang pantas mengenakan kostum MU.
Di pertandingan yang dimenangkan oleh MU dengan skor akhir 3-1 ini juga membuat para fans United percaya bahwa tahun ini MU akan menjuarai EPL untuk yang ke-19 kali mengungguli jumlah trofi yang didapat rivalnya yakni Liverpool.
Sementara itu di kubu The Blues ini nampaknya menjadi cambuk bagi sang kreator Don Carlo, karena selama ini mereka belum menemukan permainan terbaiknya sejak beberapa partai uji coba yang mereka jalani. Impian mereka dan para fans untuk meraih Treble Winner di musim ini mungkin akan menjadi mimpi belaka karena yang mungkin mereka akan dapatkan adalah Trouble Winner. Jadi mereka harus waspada kepada klub-klub lain yang juga diharapkan mampu bersaing di EPL musim ini jika tidak mau seperti Manchester City atau Liverpool di musim lalu yang gagal masuk Liga Champions di musim ini.

Keluarga Besar adalah Suatu Keberkahan

Aku ini hidup dalam keluarga besar, baik dari bapakku ataupun ibuku. Mereka tersebar di berbagai kota di Jawa dan bahkan ada yang ada di luar Jawa.
Kemarin baru saja aku diajak oleh Bu Dheku ke tempat saudaraku yang ada di Jakarta untuk menjenguk keluargaku di sana yang sedang sakit. Ini adalah salah satu keluarga besar itu adalah suatu keberkahan. Bayangkan andai saja tak punya keluarga, ada yang sakit, siapa yang mau memperhatikan dan merawat? Atau jika kita sedang membutuhkan bantuan, siapa yang mau membantu kalau bukan keluarga kita.
Di Jakarta aku mulai mengenal siapa saja keluargaku yang ada di sana, ada anak kecil kakak beradik anak dari sepupu jauhku namanya Jamal (kakak) dan Mubarok (adik). Jamal masih duduk di kelas 3 SD sedangkan Barok masih berumur 3 tahun belum sekolah. Mereka sangat lucu terutama Barok (Ok, biasa orang memanggil). Kalau Jamal dia nampaknya anak yang pintar. Satu lagi cewek anak dari sepupuku yang lain namanya Ressa, dia anak yang pintar ngomong. Mereka semua memanggilku Om (wah, ada sedikit kebanggaan). Ketika aku mau pulang si Jamal kelihatannya merasa masih ingin berlama-lama denganku. Semoga kita bertemu lagi ya.
Semoga saja hubungan kekeluargaan kami bisa terus langgeng sampai kiamat nanti dan jangan sampai putus. Kelak kalau aku sukses aku berharap bisa membantu keluargaku dan orang di sekelilingku.

Selasa, 03 Agustus 2010

Kaspersky Antivirus 2010 Full Version

Bagi Anda yang menyukai Antivirus Kaspersky, ini saya punya versi terbarunya yaitu versi 2010 yang full version. Dan saya ingin berbagi file ini dengan Anda.
Silakan download di sini
Free Download Kaspersky Antivirus 2010 Full Version

Piano Lesson

Bagi Anda yang ingin belajar piano di sini saya mempunyai piano lesson dengan format file .pdf yang cukup mudah untuk dipelajari. Dalam file ini terdapat beberapa tahapan dasar untuk belajar piano. Isi dari file ini menggunakan Bahasa Inggris. Jadi bagi Anda yang kurang suka mohon maaf dan apabila kesulitan silakan terjemahkan saja dengan menggunakan kamus atau google translate.
Untuk mendownload silakan klik:
Piano Lesson.

Sabtu, 10 Juli 2010

Obrolan Di Belakang Panggung

Jumat, 27 Rajab 1431 H/9 Juli 2010 M, di Musholla Nurul Huda Sidodadi Kedungwuni diselenggarakan acara peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Acara dimulai pada pukul 20.00 WIB dan diawali dengan duroran dari kelompok shimtudduror dari Pekalongan. Acara berikutnya diisi dengan membaca tahlil yang dipimpin oleh Bpk. KH. Muhammadun Raden Jundi dari Kranji selaku pengasuh Musholla Nurul Huda. Acara selanjutnya diisi dengan sambutan-sambutan dari panitia, pengurus, sesepuh, dan pengasuh Musholla Nurul Huda.
Hingga tiba waktunya acara puncak yaitu Mauidloh Hasanah yang dibawakan oleh Al Mukarom Bpk. KH. Munawwar dari Pemalang yang diundang langsung oleh Bpk. KH. Muhammadun Raden Jundi yang kebetulan kenal dengan beliau.
Dari ceramahnya para pengunjung merasa cukup puas karena mereka selain mendapatkan tambahan ilmu juga mendapatkan sedikit humor ala da'i pesantren. Dari awal ceramah hingga akhir dari para pengunjung tak sedikit yang tertawa lepas karena memang materi yang dibahas sangat menarik.
Setelah ceramah berakhir dan dilanjutkan doa yang dipimpin oleh Bpk. KH. Zawawi Dured para pengunjung pun berhamburan meninggalkan tempat acara. Dan para panitia segera menempatkan di posisinya masing-masing guna melakukan penataan tempat kembali. Sedangkan para sesepuh warga Desa Sidodadi bersama para Kyai menuju rumah salah satu warga yang telah menyiapkan jamuan makan malam.
Ketika para sesepuh dan para Kyai sedang dhahar ternyata Bpk. KH. Munawwar tiba-tiba menceritakan sedikit kisah hidupnya pada waktu muda dulu. Ternyata beliau dulu sempat menjadi bos preman yang menguasai Pasar Tanah Abang sebelum Hercules (preman yang juga sangat terkenal). Namun di sini ada keanehan, ketika malam Jumat dan hari Jumat tiba pemalakan harus libur karena walaupun beliau seorang preman beliau sebelumnya adalah santri jadi masih punya aturan agama meskipun tetap nyeleneh. Mendengar sejarah beliau para sesepuh dan para Kyai lain sangat terkejut tak yakin.
Memang secara penampilan dan perawakannya beliau memang nampak garang dengan rambut gondrong dan badan besarnya. Tak heran jika pernah menjadi bos preman di Pasar Tanah Abang Jakarta.
Setelah para sesepuh dan para Kyai selesai menjamu giliran para pemuda yang terjun. Rame sekali ulah para pemuda Desa Sidodadi.
Itulah sedikit cerita tentang obrolan di belakang panggung pada acara peringatan Isra' Mi'raj di Musholla Nurul Huda Sidodadi Kedungwuni.

Beda Waktu Antara Pulang dan Pergi

Pernahkah Anda merasakan atau menyadari, bahwa ketika kita melakukan suatu perjalanan (bepergian) ke manapun, serasa ada perbedaan waktu antara kita berangkat dan pulang. Akan tetapi waktu tersebut seakan-akan  bukanlah waktu normal yang sebenarnya.
Saya mendapat penjelasan tentang ini dari teman saya yang pernah diceramahi tentang hal ini oleh kakeknya. Begini penjelasannya, menurut mitos orang jaman dahulu ketika kita pergi dari rumah kita penghuni lain (makhluk ghaib; semacam jin penghuni rumah) menarik diri kita agar tidak pergi meninggalkan rumah. Sehingga ketika kita pergi menuju suatu tempat seakan-akan waktu perjalanannya lama. Sedangkan ketika kita pulang dari tempat tersebut menuju rumah kita seakan-akan waktu perjalanannya agak sedikit lebih cepat daripada ketika berangkat/pergi. Hal itu terjadi karena makhluk ghaib dari tempat yang baru saja kita datangi mendorong kita kembali ke rumah dan makhluk ghaib dari rumah kita menarik diri kita untuk pulang. Sehingga waktu pulang relatif lebih cepat daripada berangkat/pergi.
Begitu menurut mitos orang jaman dahulu. Bagaimana menurut Anda?

Jumat, 09 Juli 2010

Aneh, Bisa Mengacaukan!

Ada sebuah website yang alamatnya www.lintasberita.com, web itu digunakan oleh orang pada umumnya untuk mempromosikan tulisan mereka (di blog). Sama seperti web-web pada umumnya, proses "daftar/masuk" dibutuhkan di web tersebut.
Suatu hari saya sudah pernah mendaftarkan blog saya ke situs tersebut dan saya juga sudah pernah mengupload salah satu tulisan yang saya buat. Entah bagaimana pada waktu itu saya lupa atau tidak, nampaknya saya lupa untuk 'keluar' dari situs tersebut setelah saya mengupload tulisan saya.
Sekarang, ketika saya mencoba untuk membukanya lagi tiba-tiba sudah ada perubahan, sepertinya ada yang sudah ada yang membuka halaman milik saya yang kemungkinan besar lupa untuk saya tutup (keluar). Dan ketika saya mencoba untuk keluar dari halaman saya, ternyata tak ada tombol navigasi untuk keluar (log out). Parah!!!
Entah kenapa, apakah di komputer yang saya gunakan sedang bermasalah atau saya sebagai pengguna kurang paham atau bagaimana?
Yang jelas ini hal yang fatal, sebuah situs besar ternyata belum baik dalam masalah keamanannya. Ini sangat aneh, konyol, dan parah. Tentunya ini bisa sangat mengacaukan privasi masing-masing individu.

Untittled

Semuanya di dunia butuh waktu dan proses. Begitu juga aku ini, aku sebenarnya punya banyak ide ataupun pikiran yang inginnya ku salurkan (tuangkan) ke dalam bentuk siratan. Namun waktu dan kesempatan yang baik tak selalu menyertaiku. Padahal aku selalu berada pada benda-benda yang sangat membantu untuk menyalurkan pikiranku ini, tetapi memang nampaknya diriku ini butuh yang namanya motivasi dari orang lain, karena aku menyadari bahwa aku tak bisa lepas dari kebiasaan burukku "ketagihan" dalam berbagai hal terutama masalah "game".
Semoga saja ada yang dapat memberi motivasi dan inspirasi agar aku mengembangkan ideku menjadi hal yang bermanfaat dan lebih baik lagi. OK.

Minggu, 13 Juni 2010

Hujan yang Menentramkan

Minggu, 6 Juni 2010

Pagi rasanya sangat kurang menarik bagiku karena aku merasa masih sangat mengantuk dan aku masih ingin melanjutkan tidurku yang ku rasa sangat kurang berhubung malamnya aku baru saja mengerjakan aktivitas rutinku di malam Minggu seperti biasanya yaitu menghadap layar monitor. Mataku terasa sangat perih dan pedas.

Pagi hari itu lagi-lagi aku bangun kesiangan yaitu pada pukul 06.00 WIB. Belum pantas rasanya aku untuk menghadapi duniaku yang baru akan ku jalani jika masih seperti ini terus. Setelah bangun tidur aku langsung melakukan Salat Shubuh dengan niat mengqadha berhubung matahari telah terbit. Mau ditaruh di mana aku ini jika berhadapan dengan Sang Khaliq.

Dirasa-rasakan aku memang masih mengantuk akhirnya aku putuskan untuk tidur lagi, tak kerasa tiba-tiba aku bangun dan melihat jam dinding ternyata sudah pukul 10.00 WIB, aku langsung bangun dan pergi mandi. Setelah itu aku sarapan seadanya. Aktivitas rutinku kemudian yaitu berhadapan dengan layar monitor kembali lagi ku jalani. Padahal mataku ini rasanya sudah tak kuat lagi untuk berhadapan dengan benda yang satu ini, namun aku tetap merasa senang karena aku mendapatkan kepuasan tersendiri.

Hingga waktu menunjukkan pukul 13.00 WIB akhirnya aku memutuskan untuk istirahat dan salat serta makan siang. Di situ aku mulai merasakan keanehan yang menimpa kepalaku, aku merasa sangat pusing, jarang aku mengalami hal semacam ini kecuali jika aku benar-benar kecapaian. Jika kepalaku ku tundukkan aku merasa seakan-akan aku akan jatuh.

Akhirnya aku putuskan untuk pulang dan sedikit membaringkan tubuhku ini di tempat tidur. Sambil memainkan senar gitar dengan lagu-lagu yang biasa ku nyanyikan. Tiba-tiba hujan turun, suasananya sangat indah menurutku, kepalaku sedikit demi sedikit akhirnya bisa normal kembali. Mungkin tadi itu akibat radiasi yang berlebihan dari layar monitor.

Ku coba mengambil kamera untuk memotret suasana hujan di depan rumah dan di atas tingkat. Ku ambil beberapa gambar yang selanjutnya ingin ku edit untuk ku masukkan ke blogku.

Dari hal itu dapat ku syukuri ternyata nikmat yang diberikan Allah SWT tak terkira besarnya, dari hujan ternyata dapat meredakan pusing di kepalaku ini. Hari itu cukup memberi sedikit pelajaran lagi bagiku, yakni jangan terlalu tegang menghadap layar monitor, usahakan rileks saja dan tentunya pelajaran mensyukuri nikmat Allah SWT. OK.

Lagu Paling Romantis

Para composer dan arranger hebat di dunia ini pasti telah banyak menciptakan lagu-lagu yang romantis, tapi yang menilai adalah para pendengar atau masyarakat dunia yang menyukai musik. Jadi tiap individu terkadang berbeda dalam menilai bagus tidaknya sebuah lagu.
Menurutku sendiri untuk lagu paling romantis yaitu lagu jepang yang berjudul Kokorono Tomo yang dibawakan oleh Mayumi Itsuwa di versi aslinya atau versi lainnya yaitu versi duetnya dengan penyanyi kenamaan Tanah Air yakni Delon (Juara Indonesian Idol pertama). Mengapa lagu itu sangat romantis? Karena menurutku berdasarkan liriknya lagu itu jelas menunjukkan keromantisan persahabatan dan cinta (Kokorono Tomo = Teman Hati). Dengan aransemen musik yang mengalun indah semakin menambah elegan pada lagu tersebut. Apalagi suara emas Mayumi Itsuwa dan Delon yang begitu merdu menjadikan lagu tersebut seakan-akan dapat menentramkan hati para pendengarnya.
Menurutmu bagaimana?

Robot Aibo Punya Anak?

Tahu Aibo kan? Itu lho, robot anjing buatan Sony yang dikenal punya kecerdasan bisa bermaindan berkomunikasi dengan manusia, bahkan punya emosi (perasaan). Pada tahun 2005 Sony memamerkan robot anak anjing Aibo di laboratorium Sony’s Research and Development di Paris, Perancis.

Robot Aibo kecil ini mempunyai perilaku mirip bayi binatang sungguhan. Dia bisa belajar mengenali lingkungannya, bermain, dan berkomunikasi dengan manusia atau dengan robot-robot Aibo yang lain.

Robot anak anjing kecil itu diprogram oleh peneliti Sony, Pierre-Yves Oudeyer dan Frederic Kaplan dengan memberi dua software pengendali mekanis. Pertama, sistem low-level untuk mempelajari level rendah yang mengendalikan perilaku sederhana. Misalnya, bagaimana sebuah tendangan bola menyebabkan robot Aibo kecil itu melangkah berpindah tempat. Yang kedua, sistem meta-level untuk mempelajari hal-hal yang lebih rumit, dikendalikan oleh dorongan “perasaan”-nya.

(Dikutip dari harian Suara Merdeka Junior Edisi 272 Tahun ke-6 Minggu, 26 Juli 2005)

Mug Mouse untuk Minum Kopi

Bisakah menikmati secangkir kopi tanpa harus menambah jumlah perkakas di meja komputer? Pertanyaan ini mengilhami Louise Wictoria Klinker untuk membuat Mug Mouse, yaitu mouse komputer dwi fungsi, sebagai cangkir wadah minuman sekaligus mouse untuk mengoperasikan komputer. Bentuknya pun menyerupai cangkir.
Mug Mouse hasil rancangan Klinker tersebut merupakan salah satu hasil proyek penelitian non-komersial Sloweb, sebuah proyek penelitian untuk menciptakan gadget (perkakas) minimalis bagi pekerja di depan komputer. Sayang, Mug Mouse memiliki kelemahan. Saat Mug Mouse berisi minuman, penggunanya harus menggeser dengan lambat dan hati-hati. Jadi, perkakas ini tidak cocok bagi pengguna komputer dengan dinamika tinggi. Atau lebih baik sebagai aksesoris, tidak benar-benar diisi minuman.
Dikutip dari harian Suara Merdeka Junior Edisi 281 Tahun ke-6 Minggu, 28 Agustus 2005)

Senin, 07 Juni 2010

Bagaimana Cara Menghentikan Cegukan?


Dalam bahasa medis cegukan disebut hiccup. Gejalanya adalah ada sentakan pada perut dan mengeluarkan suara “huk huk huk ....” Masing-masing orang biasanya punya cara unik untuk menghentikan cegukan. Cara-cara menghentikan cegukan itu tidak ilmiah, tetapi ternyata manjur.
Misalnya, ada orang yang berhenti cegukan setelah dikejutkan oleh orang lain secara tiba-tiba. Ada pula yang berhenti cegukan setelah minum air hangat. Bahkan, lebih banyak cegukan bisa berhenti dengan sendirinya.
Para ilmuwan Perancis menduga, cegukan terjadi mungkin terkait dengan evolusi dan fakta bahwa nenek moyang manusia berasal dari laut. Namun, kenyataannya tidak cuma manusia yang bisa mengalami cegukan. Binatang seperti kucing, anjing, dan kuda juga mengalami cegukan.
Bagaimana proses terjadinya cegukan? Saat kita menghirup udara, otot-otot diaframa turun dan katup tenggorokan membuka. Namun, karena suatu hal, kadangkala terjadi kram otot diafragma, sehingga tidak mau turun. Lantas, katup tenggorokan juga tak mau membuka. Akibatnya, udara mengalir melalui celah katup, seperti udara melewati peluit, sehingga berbunyi “huk huk huk ....”
Dua Macam
Ada dua macam cegukan. Yang pertama cegukan ringan, biasanya berlangsung 1-2 jam. Cegukan ringan tidak berbahaya dan bisa hilang sendiri, atau sembuh dengan terapi ringan. Pemicu cegukan ringan biasanya hal sepele, seperti perubahan cuaca atau minum es.
Cegukan jenis kedua bersifat permanen. Biasanya terjadi terus-menerus, kadang sampai berbulan-bulan. Cegukan permanen perlu diwaspadai, karena biasanya disebabkan penyakit. Beberapa penyakit yang diduga menyebabkan cegukan di antaranya tumor pada batang otak, penyakit liver (hati), dan asma.
Charles Osborne (1894-1991), seorang asal Amerika Serikat, adalah  pemegang rekor dunia cegukan terlama. Ia mulai mengalami cegukan tahun 1922. Kala itu, ia berusaha membopong seekor babi piaraannya. Tiba-tiba, ia mengalami cegukan. Berbagai cara dilakukan untuk mengobatinya, tapi tidak berhasil.
Osborne terus mengalami cegukan hingga Pebruari 1990, atau selama 68 tahun. Diperkirakan, Osborne mengalami cegukan sebanyak 430 juta kali. Pada 10 tahun pertama cegukan, Osborne mengalami cegukan 40 kali per menit. Perlahan turun hingga sekitar 20 kali per menit, sampai akhirnya berhenti sama sekali pada tahun 1990. Setahun kemudian, Osborne meninggal dunia.
Pemicu Cegukan:
1.      Penyebab yang tak diketahui
2.      Makanan panas dan pedas
3.      Minuman karbonasi
4.      Perasaan gugup
5.      Tertawa terbahak-bahak
6.      Perasaan emosi
7.      Asap atau uap
8.      Perubahan cuaca dari dingin ke panas, dan sebaliknya  
9.   Minuman beralkohol
Penyakit Penyebab Cegukan:
1.      Pneumonia (radang paru-paru)
2.      Seusai operasi pada perut
3.      Asma
4.      Stroke
5.      Penyakit Liver
6.      Tumor pada batang otak
7.   Salah cerna makanan
Cara Menghentikan Cegukan:
1.      Menekuk pinggang ke samping, kemudian minum segelas air hangat
2.      Mengunyah jahe
3.      Makan (bukan minum) es
4.      Minum air secara cepat
5.      Menghisap seiris jeruk
6.      Meneguk sesendok cuka
7.      Berkumur dengan sari buah apel
8.      Menarik napas selama mungkin
9.      Minta seseorang untuk menakut-nakuti atau mengejutkan kita
10.  Menampung udara hasil pernapasan dalam plastik, kemudian digunakan lagi
11.  Menutup hidung beberapa saat
12.  Peras jeruk pada kerongkongan
(Dikutip dari harian Suara Merdeka Junior Edisi 281 Tahun ke-6 Minggu, 28 Agustus 2005)

Jumat, 04 Juni 2010

Italia di Piala Dunia 2010


Di tahun 2006, Italia berhasil merengkuh trofi kejuaraan sepak bola paling bergengsi di dunia. Mereka tampil dengan skuad terbaiknya. Kala itu tim Italia diarsiteki oleh Marcello Lippi, seorang pelatih kawakan yang reputasi dan prestasinya tak perlu diragukan lagi, baik dulu kala masih menjadi pemain atau sekarang telah menjadi pelatih. Dengan strategi khas Italia, yaitu bermain santai membagi bola serta bertahan dengan pertahanan yang sangat tangguh, itulah Italia 2006.
Padahal di piala dunia 2006 yang diselenggarakan di Jerman itu Italia tak begitu diunggulkan jika dibandingkan dengan tim tuan rumah dan juara bertahan 2002 tim samba Brazil yang tampil sangat baik pada waktu itu.
Babak demi babak dijalani dengan cukup berat oleh Italia, namun tak disangka-sangka, ketika di semifinal mereka bertemu tuan rumah Jerman justru Italia tampil dengan sangat trengginas, tak ada istilah ”Italia ya bertahan” atau ”nonton Italia, tinggal tidur aja”, mereka tampil sangat menawan, atraktif, dan menerapkan sepak bola menyerang kelas dunia. Di waktu normal skor masih imbang 0-0, namun tak diduga ketika babak ke dua perpanjangan waktu tinggal 4 menit Fabio Grosso menjadi superstar bagi Gli Azzuri, dia mencetak gol spektakuler yang melecutkan semangat punggawa Italia hingga akhirnya Alessandro Delpiero yang menjadi pemain pengganti pun turut menyumbangkan gol kemenangan Gli Azzuri. Pertandingan itu akhirnya berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Italia, Italia pun melaju ke final. Sedangkan Jerman hanya dapat menyesali pertandingan tersebut.
Di partai final Italia bertemu dengan musuh bebuyutannya di benua biru yaitu Perancis yang pernah mengalahkan mereka di partai final euro 2000. Sayangnya di partai final piala dunia 2006 nasib baik tak lagi berpihak pada ayam jantan, Italia berhasil mengalahkan mereka lewat drama adu penalti setelah di waktu normal dan 2 kali 15 menit skor imbang 1-1.
Di partai final terjadi kejadian yang unik namun tak sportif dari Zinedine Zidane yang menanduk dada Marco Materazzi dengan kepala botaknya. Zidane pun langsung mendapat hukuman kartu merah di partai tersebut yang juga menjadi pertandingan terakhirnya karena setelah itu dia memutuskan untuk gantung sepatu. Penyebab dia melakukan tindakan tak sportif tersebut menurut berbagai media ada yang mengatakan karena The Matrix (julukan Materazzi) telah melecehkan keluarga Zidane denga mengatakan bahwa keluarga bintang Perancis itu adalah teroris, memang waktu itu teroris sedang marak-maraknya di dunia. Tapi sudahlah, semoga di piala dunia 2010 ini tak terjadi lagi tindakan tak sportif macam itu.
Sekarang di piala dunia Afrika Selatan 2010 ini peluang Italia untuk menjaga asa mempertahankan gelar juara dunia nampaknya akan lebih berat dibanding tahun 2006, karena pastinya tim lawan sudah saling berbenah untuk lebih siap melakoni laga akbar nanti, mereka menaruh ekspektasi yang sangat besar terhadap para bintangnya masing-masing untuk menjadikan timnya sebagai juara berikutnya.
Lagi-lagi Italia tak berada diunggulan teratas, Spanyol, Brazil, Inggris, dan Argentina menjadi negara yang paling diuggulkan. Mereka pantas menjadi unggulan, mengingat mereka dihuni oleh pemain-pemain kelas dunia yang bersinar di klub masing-masing. Memang jika melihat prestasi klub-klub Italia sekarang ini mengalami sedikit penurunan, meskipun tahun ini Internazionale Milan menjadi kampiun eropa, tapi kita lihat lagi, apakah Internazionale mengandalkan pemain Italia? Hanya Materazzi dan Balotelli yang menjadi pemain asli Italia yang bermain untuk Internazionale. Itulah salah satu alasan mengapa Italia kurang diunggulkan di piala dunia 2010, para pemainnya kurang berkembang dan mereka hanya mengandalkan pada talenta senior yang rata-rata sudah berkepala tiga.
Namun dalam sepak bola semuanya dapat terjadi, jadi bagi Anda para pecinta Gli Azzuri jangan kuatir. Kita tunggu saja aksi-aksi para pemain Italia di piala dunia Afrika Selatan 2010. Apakah Italia mampu menepis prediksi tersebut? Don’t miss it.

Sabtu, 29 Mei 2010

Pembenahan Jalan Desa

Banyak orang mengatakan bahwa pemerintah kita sering kali memberikan bantuan yang tidak tepat sasaran. Namun ketika sudah tepat sasaran giliran bantuan tersebut tidak secara total. Dari berbagai macam bantuan yang berupa fasilitas tersebut yang paling banyak menjadi perbincangan masyarakat menengah – ke bawah terutama desa-desa yang padat penduduk adalah masalah jalan. Pembenahan jalan dibutuhkan agar tidak terjadi banjir di daerah-daerah yang rawan terjadi banjir. Terutama di daerah dataran rendah, kondisi lingkungan desa yang sedikit kumuh, jalan tanah yang tak rata, dan saluran pengairan yang tak memadai itu mengakibatkan lingkungan tersebut rentan terkena banjir.
Dari kejadian-kejadian yang telah berlangsung, para warga akhirnya mempunyai inisiatif untuk membenahi jalan desa tersebut, namun keterbatasan sumber dana menjadi kendala utama. Akhirnya mereka berupaya untuk mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah lewat wakil-wakil rakyat yang dulu ketika sebelum terpilih menjanjikan bantuan fasilitas desa atau pembenahan desa. Dari proses tersebut akhirnya bantuan turun berupa batako untuk membenahi jalan serta guna menanggulangi risiko terjadinya banjir.
Salah satu contoh desa yang mendapatkan bantuan adalah Kampung Sidodadi Indah RT 01 RW 13 gg. 0 Kedungwuni Pekalongan. Kampung tersebut telah mendapat bantuan berupa batako yang langsung dibangunkan oleh pemerintah untuk jalan kampung tersebut. Butuh waktu sekitar 1 minggu lebih untuk membangun jalan sepanjang ± 100 meter. Namun pembangunan jalan tersebut nampaknya hanya sekedar dibangun untuk memenuhi janji saja, tidak dibangun secara perhitungan yang kuat guna menanggulangi risiko yang akan terjadi nantinya. Sehingga di musim hujan air hasil aliran dari jalan batako tersebut bermuara di halaman warga yang menggenangi halaman tersebut.
Bantuan batako menurut warga sudah tepat namun kurang jumlahnya, karena masih ada jalan sela-sela antara rumah-rumah yang masih berupa tanah dan menjadi genangan air. Hal itu mengindikasikan bahwa pemerintah kurang bisa mengerti apa keinginan dari warga serta mengindikasikan bahwa dana APBD juga seakan-akan tidak sesuai dengan tujuan yang telah dicanangkan di awal tahun pemerintahan. Pemerintah hanya melaksanakan janji-janji manisnya saja kemudian mengabaikan kepentingan selain yang mereka janjikan di waktu kampanyenya dulu.
Begitulah sedikit potret kehidupan antara pemerintah dan masyarakat sekarang. Apa mau dikata?

Magnet Pembunuh Nyamuk

Apakah kamu sering jengkel karena digigit nyamuk? Atau marah mendengar denging suara nyamuk di dekat telinga? Cobalah alat bernama Mosquito Magnet. Menurut pabrik pembuatnya, alat tersebut bisa membunuh nuamuk dalam area seluas lebih dari 6.000 meter persegi.
Bagaimana cara kerjanya? Hasil penelitian menunjukkan, nyamukmengetahui keberadaan manusia dengan mengikuti aroma gas karbondioksida (CO2) hasil respirasi (pernafasan). Mosquito Magnet mengeluarkan gas CO2 untuk menarik nyamuk. Begitu mendekati alat itu, nyamuk akan tersedot ke jaring sehingga kehabisan air kemudian mati.
Benar-benar canggih, tanpa suara dan tanpa asap, alat tersebut dapat membunuh nyamuk dengan efektif. Menurut perkiraan, setelah digunakan selama 4-6 minggu, alat ini akan membasmi populasi nyamuk di suatu daerah. Tertarik? Alat tersebut dapat dibeli secara online melalui situs www.dynainternational.com, seharga 295 dollar Amerika Serikat atay lebih dari dua juta rupiah.

(Dikutip dari harian Suara Merdeka Junior Edisi 274 Tahun ke-6 Minggu, 10 Juli 2005)

Kamis, 27 Mei 2010

Igor Sikrorsky - Helikopter Pertama yang Bisa Terbang

Pada 25 Mei 1889, Igor Sikorsky, pencipta helikopter pertama, terlahir ke dunia. Ia dilahirkan di kota Kiev, Rusia/Uni Soviet (sekarang Ukraina). Semenjak kecil Igor telah belajar sains modern dari ibunya, seorang dokter. Ayahnya adalah profesor di bidang psikologi.
Saat itu, Rusia (Uni Soviet) dalam keadaan kacau karena trjadi revolusi. Akibatnya Sikorsky pindah ke Amerika Serikat pada 1919. Ia mendirikan Sikorsky Aero Engineering Corporation, sebuah perusahaan pembuat helikopter. Melalui perusahaan itu ia merintis karier sebagai desainer pesawat udara. Sejak tahun 1925 hingga 1940, Sikorsky mendesain berbagai jenis pesawat yang mencatat rekor di bidang kecepatan dan jarak tempuh. Di samping mendesain pesawat, Sikorsky terus mempelajari teknik pembuatan helikopter sampai akhirnya ia berhasil membuat helikopter yang benar-benar bisa terbang pada 14 Septermber 1939.
Pada 1909, saat masih tinggal di Rusia, dia gagal bereksperimen menciptakan pesawat model sayap berputar. Rupanya, model pesawat semacam itu tak bisa terbang karena kekurangan tenaga. Sikorsky tak putus asa. Pada 14 September 1939, ia menyelesaikan pembuatan helikopter pertama, yang diberi nama VS-300, sebuah helikopter dengan baling-baling tunggal. Helikopter ini dipakai secara luas oleh militer Amerika Serikat dan digunakan di lebih dari 50 negara.
Sebenarnya, Sikorsky bukan pencipta helikopter yang pertama. Helikopter pertama diciptakan Paul Cornu 1907. Namun, helikopter itu tidak bisa terbang. Pada tahun 1924, ilmuwan Perancis lainnya, Erienne Oechmichen berhasil membuat helikopter dan bisa terbang dengan ketinggian 1 km.
Igor Sikorsky ditetapkan sebagai penemu helikopter meskipun dia bukan pencipta helikopter meskipun dia bukan pencipta helikopter yang pertama. Sebab, helikopter ciptaannya yang bisa terbang dan digunakan secara aman. Selain itu, desain helikopter modern juga mengacu pada desain Igor Sikorsky. Atas jasanya, Sikorsky menerima medali nasional bidang ilmu pengerahuan dan tropi peringatan Wright Brother.

(Dikutip dari harian Suara Merdeka Junior Edisi 277 Tahun ke-6 Minggu, 31 Juli 2005)

Plak Gigi Sebabkan Pneumonia

Waspada kamu yang selama ini malas gosok gigi. Jika sisa-sisa makanan selalu dibiarkan menghuni sela-sela gigi, sangatlah berbahaya jika sampai membentuk plak (plaque). Menurut dr. Ali El-Solh dari Universitas Buffalo di New York, Amerika Serikat, plak pada gigi dapat menyebabkan penyakit yang ada hubungannya dengan pernapasan, terutama pneumonia (radang paru-paru).
Dr. Ali bersama rekan-rekannya melaporkan hasil penelitian mereka lewat jurnal ilmiah Chest, bahwa plak pada gigi bisa menjadi tempat bagi pathogen (bakteri merugikan) dan bisa menyebabkan radang paru-paru. Tim peneliti tersebut melakukan investigasi terhadap 8 pasien penderita pneumonia di sebuah rumah sakit. Hasilnya, 8 pasien penderita pneumonia disebabkan oleh gigi mereka yang kotor hingga membentuk plak.

(Dikutip dari harian Suara Merdeka Junior Edisi 281 Tahun ke-6 Minggu, 28 Agustus 2005)

Merah, Warna Kemenangan

Warna ternyata turut berperan dalam keberuntungan pemain olah raga untuk meraih kemenangan.
Kedengarannya sulit dipercaya, tetapi fakta-fakta telah membuktikan. Misalnya dalam olah ragatersebut tidak memakai warna-warna nasional, tetapi pemain diundi untuk menempati sudut merah atau biru.
Russel Hill dan Robert Barton dari Universitas Durham di UK, Inggris, mengamati fenomena tersebut. Dari 441 pertandingan yang bersifat adu fisik, 242 dimenangkan oleh merah. Jika dipersentase, keberuntungan warna merah mencapai 62 persen dibanding warna biru atau warna-warna lainnya.
Anehnya, dalam permainan olah raga yang menggunakan angka-angka, warna merah dan biru sama-sama kuat sebagai warna pemenang. Entah efek apa yang menyebabkan warna merah bisa memacu semangat pemain olah raga untuk menjadi pemenang. Menurut Robert Barton, efek seperti itu terkait dengan insting perilaku seseorang bisa terpengaruh dengan melihat warna.

(Dikutip dari harian Suara Merdeka Junior Edisi 277 Tahun ke-6 Minggu, 31 Juli 2005)

Selasa, 25 Mei 2010

Ketidak Pedulian

Ya beginilah, warga Indonesia sekarang, baru mengenal seseorang/tokoh bangsa ketika tokoh tersebut sudah meninggal dunia. Mengapa demikian? Hal itu terjadi karena masyarakat kurang peduli dengan keberadaan tokoh tersebut.
masyarakat enggan mengurusi urusan selain urusannya masing-masing, kebanyakan mereka berpikir bahwa "hidup, ya hidup dia sendiri, mati, ya mati dia sendiri, apa hubungannya dengan saya?"
Ketidak pedulian semacam itu hendaknya jangan diterus-teruskan, karena pasti akan berdampak terhadap moral generasi masa depan. Identitas bangsa kita hendaknya tetap dipertahankan sebagai bangsa yang santun, ramah, dan tentunya menghargai para pahlawan/tokoh bangsanya.