Minggu, 12 Agustus 2012

Selamat Datang Mahasiswa Baru UNS 2012

Sekitar bulan Juni lalu di berbagai kampus negeri mulai diramaikan oleh calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN Undangan. Termasuk UNS (Universitas Sebelas Maret Surakarta). Para mahasiswa yang aktif di organisasi internal kampus—dalam hali ini BEM—ikut sibuk membantu pihak panitia padahal waktu itu mereka juga sedang menghadapi ujian akhir semester. Selain itu ada pula beberapa komunitas mahasiswa kedaerahan yang membuka stand di lingkungan kampus. Mereka tentunya juga ingin menyambut kedatangan calon pemimpin bangsa dan membantu calon mahasiswa baru selama proses registrasi on-desk berlangsung. Yang diharapkan adalah agar mereka yang baru saja lulus SMA/SMK/MA dari berbagai daerah tidak merasa sendiri ketika berada di kampus karena mereka punya keluarga dari daerah asalnya.


Kemudian disusul dengan mereka yang lulus lewat jalur SNMPTN Tulis dan mandiri. Ketika registrasi pun kampus kembali diramaikan oleh lalu lalang calon mahasiswa baru. Di tengah hiruk pikuk registrasi orang-orang sekitar kampus yang mempunyai kos-kosan memanfaatkan momentum ini untuk menawarkan rumah kos kepada calon mahasiswa baru. Tak cuma mereka yang mempunyai kos, bahkan para calo pun juga ikut memanfaatkannya. Memang tak ada salahnya apa yang mereka lakukan akan tetapi jika harga yang ditawarkan terlalu tinggi kasihan juga para calon mahasiswa baru. Mereka yang memilih untuk kuliah di UNS karena biaya hidup di Solo yang dikenal murah dibanding daerah lain nantinya merasa tertipu kalau ternyata untuk biaya kos saja sudah tinggi.

Jauh setelah itu tepatnya di bulan Agustus ini kampus yang sedang masa liburan akhir semester yang harusnya sepi dari mahasiswa ternyata malah ramai. Pada tanggal 9 Agustus 2012 kemarin diadakan pelantikan mahasiswa baru oleh Pak Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi di halaman rektorat. Pada tanggal itu juga kegiatan OSMARU (Ospek Mahasiswa Baru) UNS dimulai hingga berakhir pada tanggal 11 Agustus 2012.

OSMARU yang dijalankan oleh masing-masing fakultas ini berjalan lancar. BEM masing-masing fakultas yang bertanggung jawab penuh atas 3 hari pelaksanaan OSMARU ini, tentunya juga dibantu oleh UKM di tiap fakultas.

UNS yang mempunyai 9 fakultas dengan karakter yang berbeda tiap fakultasnya membuat keberagaman tugas-tugas OSMARU yang diberikan kepada adik-adik mahasiswa baru. Dari 9 fakultas tersebut fakultas teknik yang cenderung memberikan tugas yang dirasa paling berat dibanding fakultas lain. Selain tugas yang berat, didikan oleh senior pun cenderung keras dan tegas namun tidak melampaui batas. Memang begitulah karakter yang ingin dibangun untuk mahasiswa teknik karena nantinya di bangku kuliah mereka juga akan ditempa oleh tugas-tugas besar dari dosen maupun asisten. Jadi ibaratnya OSMARU bagi mereka adalah warming up.

Memasang Spanduk PMII
Nah sekarang kita tengok ke luar kampus. Ternyata euforia OSMARU juga dimanfaatkan oleh beberapa organisasi mahasiswa eksternal kampus untuk melakukan sambutan kepada para pemimpin masa depan. Berbagai spanduk banyak terpampang dengan megah di sekitar lingkungan luar kampus. Mengingat “ormek” dilarang untuk masuk kampus jadi mereka hanya bermain di luar kampus. Spanduk-spanduk yang terpampang di lingkungan kampus UNS diantaranya adalah PMII, KAMMI, HMI, dan HTI. Ada keunikan yang terjadi ketika spanduk PMII yang tadinya terpasang sendirian setelah beberapa hari kemudian bersanding dengan mesra dengan spanduk dari KAMMI. Ini adalah suatu hal yang sangat menarik untuk diamati. Seakan-akan menginterpretasikan bahwa kampus UNS akan kembali dinamis dengan geopolitik kampusnya.



PMII Sambut Maru
Jelas yang mereka lakukan tujuannya adalah untuk menarik minat dari mahasiswa baru untuk kemudian bisa bergabung dengan mereka. Karena ormek merupakan organisasi kader jadi wajar saja jika mereka rebutan mahasiswa baru yang digadang-gadang sebagai the agent of change.

Membangun dinamisasi kampus, kekritisan mahasiswa, dan mencetak pemimpin tangguh itulah yang dilakukan oleh tiap-tiap ormek. Karena itu sangat penting untuk membangun kehidupan Indonesia yang lebih baik.

Dan kini setelah selesai kegiatan OSMARU para calon mahasiswa baru telah resmi berpredikat “mahasiswa.” Mereka bukan lagi siswa yang segala sesuatunya harus ada yang membantu dan disiapkan oleh guru-guru mereka dulu. Sekarang segala sesuatu harus bisa dilakukan dengan mandiri karena gelar mahasiswa tersebut. Harapannya adalah agar mereka bisa menjalankan tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Sebuah cita-cita yang mulai tentunya jika hal itu bisa dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Menjadi warga negara yang cerdas, bermartabat, dan bermanfaat.

Selamat datang mahasiswa baru UNS 2012! Tanggung jawab yang lebih besar untuk kemajuan bangsa yang sedang mengalami berbagai krisis ini terpikul di pundak kalian para pemimpin masa depan.

Salam!

2 komentar:

Dilarang keras memberi komentar yang berbau SARA dan hal Porno.