Jumat, 03 Desember 2010

Demo Pertama Kali

Pada tanggal 8 Nopember 2010 aku diajak temanku, M. Aji Najmuddin, mengikuti demonstrasi penolakan pencalonan mantan Presiden Soeharto sebagai pahlawan nasional. Demonstrasi itu berlangsung di Gladag depan gerbang alun-alun Keraton Kasunanan Surakarta.
Kebetulan waktu itu tidak ada jam kuliah karena dosenku sedang pergi haji, sehingga aku mau ketika diajak olehnya sekalian aku mau langsung ke Pasar Cenderamata membantu saudaraku dagang.
Demonstrasi itu diikuti oleh simpatisan dari PMKRI, PMII Surakarta, para mantan veteran PKI, dan lain-lain. Memang jumlahnya tidak terlalu banyak namun cukup mengundang perhatian pengguna Jalan Slamet Riyadi. Kegiatan yang dilakukan di situ adalah penggalangan tanda tangan sebagai tanda penolakan pencalonan mantan Presiden Soeharto sebagai pahlwan nasional.
Orasi dari masing-masing perwakilan kelompok atau pribadi secara bergantian menyerukan keluhan mereka terhadap apa yang dilakukan Soeharto pada masa ketika menjadi Presiden RI yang ke-dua. Dari veteran PKI juga ada yang ikut berorasi karena merasa diperlakukan secara tidak adil dan kejam oleh Soeharto.
Mulanya aku yang berada di tepi jalan karena mengingat cuaca sangat panas, namun kemudian aku disodorkan bendera PMII oleh seorang anggota PMII dan memintaku untuk turun meramaikan demo tersebut. Aku pun ikut serta menandatangani di atas kain putih panjang dan ikut gerombolan para demonstran sambil mengibar-ngibarkan bendera PMII yang aku pegang.
Pengalaman demo yang pertama itu tidak akan ku lupakan walaupun tak ada peran yang berarti namun itu bisa menambah pengetahuan dan ilmu bagiku serta memicu semangat nasionalismeku sebagai seorang mahasiswa untuk menyuarakan keluhan terhadap bangsa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang keras memberi komentar yang berbau SARA dan hal Porno.