Senin, 07 Juni 2010

Bagaimana Cara Menghentikan Cegukan?


Dalam bahasa medis cegukan disebut hiccup. Gejalanya adalah ada sentakan pada perut dan mengeluarkan suara “huk huk huk ....” Masing-masing orang biasanya punya cara unik untuk menghentikan cegukan. Cara-cara menghentikan cegukan itu tidak ilmiah, tetapi ternyata manjur.
Misalnya, ada orang yang berhenti cegukan setelah dikejutkan oleh orang lain secara tiba-tiba. Ada pula yang berhenti cegukan setelah minum air hangat. Bahkan, lebih banyak cegukan bisa berhenti dengan sendirinya.
Para ilmuwan Perancis menduga, cegukan terjadi mungkin terkait dengan evolusi dan fakta bahwa nenek moyang manusia berasal dari laut. Namun, kenyataannya tidak cuma manusia yang bisa mengalami cegukan. Binatang seperti kucing, anjing, dan kuda juga mengalami cegukan.
Bagaimana proses terjadinya cegukan? Saat kita menghirup udara, otot-otot diaframa turun dan katup tenggorokan membuka. Namun, karena suatu hal, kadangkala terjadi kram otot diafragma, sehingga tidak mau turun. Lantas, katup tenggorokan juga tak mau membuka. Akibatnya, udara mengalir melalui celah katup, seperti udara melewati peluit, sehingga berbunyi “huk huk huk ....”
Dua Macam
Ada dua macam cegukan. Yang pertama cegukan ringan, biasanya berlangsung 1-2 jam. Cegukan ringan tidak berbahaya dan bisa hilang sendiri, atau sembuh dengan terapi ringan. Pemicu cegukan ringan biasanya hal sepele, seperti perubahan cuaca atau minum es.
Cegukan jenis kedua bersifat permanen. Biasanya terjadi terus-menerus, kadang sampai berbulan-bulan. Cegukan permanen perlu diwaspadai, karena biasanya disebabkan penyakit. Beberapa penyakit yang diduga menyebabkan cegukan di antaranya tumor pada batang otak, penyakit liver (hati), dan asma.
Charles Osborne (1894-1991), seorang asal Amerika Serikat, adalah  pemegang rekor dunia cegukan terlama. Ia mulai mengalami cegukan tahun 1922. Kala itu, ia berusaha membopong seekor babi piaraannya. Tiba-tiba, ia mengalami cegukan. Berbagai cara dilakukan untuk mengobatinya, tapi tidak berhasil.
Osborne terus mengalami cegukan hingga Pebruari 1990, atau selama 68 tahun. Diperkirakan, Osborne mengalami cegukan sebanyak 430 juta kali. Pada 10 tahun pertama cegukan, Osborne mengalami cegukan 40 kali per menit. Perlahan turun hingga sekitar 20 kali per menit, sampai akhirnya berhenti sama sekali pada tahun 1990. Setahun kemudian, Osborne meninggal dunia.
Pemicu Cegukan:
1.      Penyebab yang tak diketahui
2.      Makanan panas dan pedas
3.      Minuman karbonasi
4.      Perasaan gugup
5.      Tertawa terbahak-bahak
6.      Perasaan emosi
7.      Asap atau uap
8.      Perubahan cuaca dari dingin ke panas, dan sebaliknya  
9.   Minuman beralkohol
Penyakit Penyebab Cegukan:
1.      Pneumonia (radang paru-paru)
2.      Seusai operasi pada perut
3.      Asma
4.      Stroke
5.      Penyakit Liver
6.      Tumor pada batang otak
7.   Salah cerna makanan
Cara Menghentikan Cegukan:
1.      Menekuk pinggang ke samping, kemudian minum segelas air hangat
2.      Mengunyah jahe
3.      Makan (bukan minum) es
4.      Minum air secara cepat
5.      Menghisap seiris jeruk
6.      Meneguk sesendok cuka
7.      Berkumur dengan sari buah apel
8.      Menarik napas selama mungkin
9.      Minta seseorang untuk menakut-nakuti atau mengejutkan kita
10.  Menampung udara hasil pernapasan dalam plastik, kemudian digunakan lagi
11.  Menutup hidung beberapa saat
12.  Peras jeruk pada kerongkongan
(Dikutip dari harian Suara Merdeka Junior Edisi 281 Tahun ke-6 Minggu, 28 Agustus 2005)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang keras memberi komentar yang berbau SARA dan hal Porno.