Jumat, 28 Oktober 2011

Yasinan

Hari ini adalah hari Jumat, Assayyidu Al-ayyamu (pemimpin hari-hari). Dimana warga Nahdliyyin Indonesia biasa melakukan acara rutinan seperti: nyekar di makam, yasinan dan tahlilan di rumah, manakiban, atau yang lainnya.

Kenapa hari Jumat? Pertanyaan ini yang sering diperdebatkan hingga menjadi menu wajib bagi mereka yang sering kali menyalahkan dan mem-bid'ah-kan orang-orang yang melakukan kegiatan rutinan ini. Mereka menganggap "syirik" orang-orang yang melakukan ini, karena mereka telah mengagung-agungkan hari Jumat, seakan mensakralkan hari Jumat, bahkan seakan menjadika hari Jumat adalah hari untuk mencari keberkahan dan hal-hal yang sifatnya musyrik. Seperti itulah apa yang mereka pikirkan dan kemudian digunakan untuk menghakimi "salah" bagi pelakunya.

Astaghfirullah, sungguh miris sekali. Hakim dari segala hakim, hakik Yang Mahatinggi adalah Allah SWT, tak ada sekutu bagi-Nya. Jadi kalau mereka menghakimi sesama manusia seperti itu berarti mereka seakan-akan menuhankan dirinya sendiri. Na'udzubillah min dzalik. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita. Amin

Dan pagi ini sehabis melakukan ibadah Salat Subuh aku ngaji yasin dan tahlilan sebagaimana warga nahdliyyin pada umumnya. Meskipun semalam setelah Salat Maghrib juga PMII Kom. Kentingan juga telah mengadakan rutinan ini. Anggap saja yang pagi ini saya khususkan untuk simbah-simbahku dan semua anggota keluargaku yang telah seda (wafat) serta untuk bapak, ibu, Rosik, Nila, dan kawan-kawanku semuanya.

Tak peduli apa kata mereka yang suka menyalahkan kegiatan seperti ini. Yang jelas yang saya tahu, ini bermanfaat bagi saya dan keluarga. Ini kegiatan positif, tidak mengganggu sesama. Dan saya melakukan ini karena kegiatan ini sudah diajarkan oleh mbah-mbahku, ustadz-ustadzku, dan para Kiai yang saya yakini mereka benar, mumpuni, dan tahu dasarnya. Jadi meskipun saya hanya sekedar ikut -buntut- mereka tapi mereka yang saya ikuti itu punya dasar dan pegangan. Jadi kelak ketika di akhirat nanti ada yang bisa saya pertanggungjawabkan dengan alasan yang jelas.

Dan bagi kalian yang ingin melakukan kegiatan ini, jangan ragu! Jangan ragu melakukan hal yang positif, yang menurut hati nurani kalian itu benar. Karena hati nurani itu tak akan pernah berbohong.

Trust to Allah ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang keras memberi komentar yang berbau SARA dan hal Porno.